Home
Company
Product
News
Contact
X
  MENU
MENU  
X
Home
Company
Product
News
Contact
22 June 2022
5 Penyebab Wajan Menjadi Lengket yang Jarang Diketahui

Wajan merupakan salah satu alat masak yang sangat penting keberadaanya di dapur. Wajan juga memiliki banyak fungsi mulai dari menggoreng hingga menumis atau memasak berbagai jenis makanan sehingga sangat penting diperhatikan pada saat akan memilih atau membeli wajan. 

Memasak memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Berkreasi dengan berbagai resep baru jadi bisa jadi momen me time yang seru. Untuk membuat masakan lezat, akan lebih maksimal jika menggunakan peralatan masak dengan kualitas bagus.

Satu hal paling menyebalkan yang dirasakan oleh banyak orang saat memasak adalah ketika masakan yang digoreng menempel atau menjadi lengket ke permukaan wajan.

Kalau sudah begini, masakan yang digoreng pun jadi susah dibalik. Akhirnya, bisa saja makanan menjadi gosong pada bagian satu sisinya. Belum lagi sisa makanan yang menempel akan mengotori wajan dan membuatnya susah dibersihkan.

Alat masak yang sering digunakan biasanya adalah wajan untuk menggoreng. Kamu tentu akan memilih wajan penggorengan yang anti lengket daripada wajan yang membuat masakanmu menempel pada permukaan wajan. Sebelum memilih wajan penggorengan, sebaiknya kamu perhatikan bahan material anti lengket agar nyaman ketika memasak.

Nah, sebenarnya ada trik supaya wajan tidak lengket saat dipakai menggoreng. Lapisan anti lengket pada wajan tefon dapat tergores atau terkikis. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan dan penyimpanannya yang tidak tepat. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya buat kamu.

1. Hindari Menumpuk Wajan

Menumpuk wajan dan bercampur dengan berbagai jenis alat dapur lainnya dapat beresiko menyebabkan gesekan antara wajan dan alat lainya. Nah untuk menghindari hal tersebut usahakan untuk menggantung wajan satu persatu pada tempat yang tersedia di dapur.

kamu juga perlu menghindari menumpuk wajan pada wastafel tempat cuci piring agar tidak bergesekan dengan berbagai macam benda kasar yang berpotensi menggesek wajan.

2. Cuci Dengan Lembut

Mencuci wajan dengan lapisan teflon sebaiknya gunakanlah spon berbahan lembut, busa spon yang memiliki tekstur lembut dapat melindungi tekstur dan permukaan wajan.

Hal ini juga bisa diterapkan untuk berbagai jenis wajan lainya agar terhindar dari gesekan dari benda kasar yang dapat merusak wajan. Untuk menggosoknya, kamu juga harus berhati-hati, kamu bisa menggosok menggunakan busa untuk membersihkan bagian permukaannya. 

Jika sudah, silahkan kamu bilas sampai bersih. Pastikan kamu menggosoknya dengan hati-hati supaya lapisan anti lengketnya tetap terjaga.

Hindari untuk menggosok bagian dalam alat masak menggunakan benda tajam, seperti kawat kasa misalnya. Kamu bisa menggunakan kain berjenis microfiber atau kain berserat halus.

3. Dinginkan Sebelum Dicuci

Pada saat selesai menggunakan wajan usahakan jangan langsung dicuci, dinginkan terlebih dahulu agar tidak terjadi perubahan suhu secara drastis. Perubahan suhu wajan secara drastis dari panas ke dingin secara terus menerus dapat mengakibatkan wajan menjadi kurang awet dan cepat rusak.

4. Gunakan Spatula

Ketika kamu menggunakan alat masak anti lengket, jangan pernah menggunakan spatula berbahan logam. Kamu bisa menggunakan spatula yang terbuat dari kayu halus, plastik, atau silikon. Tujuannya supaya alat masak anti lengket kamu tetap terjaga dari goresan. Spatula berbahan logam berpotensi menggores permukaan wajan.

Gesekan antara wajan berlapis teflon dan sodet berbahan logam beresiko akan menggores lapisan wajan menjadi terkikis. maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan spatula berbahan non logam seperti kayu atau material silikon yang tahan panas.

5. Merendam Alat Masak dengan Menggunakan Air Hangat

Air hangat ternyata memiliki fungsi yang lebih, yaitu bisa digunakan untuk membersihkan alat masak anti lengket. Dengan bantuan air hangat, maka urusan membersihkan alat masak akan semakin mudah untuk kamu lakukan. Terkait dengan cara membersihkannya juga cukup mudah.

Silahkan kamu letakkan alat masak kamu di wastafel yang sebelumnya sudah kamu beri air hangat dan juga cairan pencuci piring. Namun, jika ternyata tidak muat di wastafel, maka kamu bisa memanfaatkan baskom atau ember besar untuk merendam alat masak kamu. Manfaatkan air hangat untuk membersihkan lemak yang membandel tanpa merusak lapisan alat masak kesayangan kamu.

 

Setelah menemukan wajan teflon idaman, Kamu juga perlu tahu cara merawatnya. Dengan penggunaan dan perawatan yang tepat, wajan teflon dapat digunakan bertahun-tahun lamanya. Wajan teflon yang terawat juga akan lebih sehat bagi masakan olahan Kamu.

Itu dia beberapa tips supaya wajan yang kamu gunakan tidak lengket saat dipakai menggoreng. Kalau sudah memahami semua tips di atas, yuk, coba mulai terapkan. Selamat mencoba

BACK
© Copyright 2022 - RAVELLE - Premium Kitchen Appliances & Cookwares | Website By Kibo Creative