Home
Company
Product
News
Contact
X
  MENU
MENU  
X
Home
Company
Product
News
Contact
30 June 2022
5 Tips Memakai Pressure Cooker Untuk Memasak Daging agar Empuk dan Matang Sempurna

Pressure cooker adalah alat yang menggunakan panas dan tekanan uap untuk memasak makanan lebih cepat. Ada dua jenis Pressure cooker  di pasaran, yakni Pressure cooker dengan panas dari api kompor dan Pressure cooker  listrik.

Cara memasak di Pressure cooker  yaitu cairan dan makanan dimasukan ke dalam panci dan ditutup rapat. Ketika cairan memanas (akhirnya mendidih), akan membentuk uap dan tekanan di dalam panci.

Mengenal Alat Masak Pressure cooker

Mungkin banyak orang yang tiak tahu, bahwa ternyata pressure cooker merupakan peralatan dapur yang sudah ada sejak perang dunia ke II, alat ini diciptakan untuk mempercepat proses memasak. 

Masih banyak orang yang berpikir bahwa pressure cooker merupakan alat yang tidak begitu penting untuk dibeli, padahal dengan membeli alat satu ini, kamu sama saja telah berinvestasi dalam hal mempermudah kegiatan selama di dapur.

Hal ini dikarenakan pressure cooker memiliki banyak sekali kelebihan seperti akan mengehemat waktu, membuat makanan lebih kaya akan rasa karena setiap kandungan air yang ada di dalamnya tidak akan menguap sia-sia.

Lalu pressure cooker juga salah satu alat dapur yang sangat mudah untuk dibersihkan, membuat masakan lebih sehat karena kandungan vitamin dan mineral dalam masakan dapat terjaga dengan baik dan terakhir lebih hemat energi.

Bagaimana Cara Menggunakan Pressure cooker?

Cara memasak di Pressure cooker  yaitu cairan dan makanan dimasukan ke dalam panci dan ditutup rapat. Ketika cairan memanas (akhirnya mendidih), akan membentuk uap dan tekanan di dalam panci.

Tekanan uap tersebut menaikkan titik didih cairan memasak hingga setinggi 250 ° F (130 derajat celcius), menyebabkan makanan masak lebih cepat. 

Meningkatnya tekanan dalam panci juga memaksa cairan masuk ke dalam makanan,  membuat makanan yang keras menjadi lunak lebih cepat.

Selain itu, apalagi tips memasak dengan menggunakan Pressure cooker  elektrik? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Penting Membaca Buku Manual

Pressure cooker  memiliki fitur keselamatan yang cukup banyak, sehingga penting untukmu membaca buku manual terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Ikuti instruksi pemakaiannya sesuai dengan model panci yang kamu punya.

Selain itu, ketika akan menggunakannya pastikan juga seluruh panci terutama tutupnya bersih dari kotoran apa pun. Dengan begitu tekanan di panci akan stabil dan tidak akan menghambat proses memasak.

2. Periksa Kondisi Panci Sebelum Digunakan

Sebelum digunakan, sebaiknya kamu memeriksa kondisi Pressure cooker  terlebih dahulu. Pastikan panci dalam keadaan yang benar-benar bersih.

Karena ada kotoran yang menghambat sedikit saja bisa membuat tutup Pressure cooker  kamu tidak tertutup dengan rapat, sehingga tekanannya pun akan berkurang.

Pastikan juga kondisi gasket atau cincin karet tidak kering, retak, ataupun rapuh, karena bisa mempengaruhi tekanan pada panci kamu.

3. Jangan Mengisi Panci Terlalu Penuh

Kebanyakan peralatan masak memiliki tkamu minimum atau maksimum pengisian bahan makanan, begitu juga dengan Pressure cooker . Meski tampaknya memiliki kapasitas besar, tapi sebaiknya jangan mengisi terlalu penuh.

Kamu hanya boleh mengisi 2/3 bagian saja. Beda lagi jika kamu ingin memasak sup, maka jangan mengisi lebih dari 1/2 panci.

Sementara untuk makanan yang mengembang atau berbusa (sereal, kacang-kacangan, nasi, dan pasta) sebaiknya cukup isi 1/3 panci saja.

4. Kecilkan Api Saat Panci Sudah Berbunyi

Salah satu ciri khas dari Pressure cooker  adalah bunyi yang nyaring dihasilkan saat tekanan uap sudah tinggi.

Nah, saat Pressure cooker  kamu sudah berbunyi, sebaiknya kecilkan api demi menghemat gas. 

Karena saat panci sudah berbunyi, otomatis uap sudah tinggi, sehingga besarnya api tidak akan mempengaruhi tingkat kematangan daging. Kalaupun kamu ingin menggunakan api besar, gunakan hanya di waktu awal memasak saja.

5. Jangan Membuka Panci Sebelum Uapnya Habis

Tips terakhir ini merupakan yang paling penting karena bila tak dilakukan justru bisa membahayakan diri. Pressure cooker  memiliki tekanan yang tinggi, sehingga penting untuk kita mengeluarkan uapnya terlebih dahulu hingga benar-benar habis.

Caranya cukup dengan membuka katup uap, bukan mengangkat seluruh tutup pancinya, ya. Diamkan hingga katup uap tak mengeluarkan asap lagi, barulah kemudian kamu bisa membuka penutup panci.

Itu dia lima cara yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan Pressure cooker  dari Ravelle. Bagaimana, moms? Tidak begitu sulit, kan? Nah, bagi kamu yang ingin membeli Pressure cooker elektrik dengan ukuran 2L dan 5L, kamu bisa mengunjungi situs belanja online dari Ravelle yah hanya di Ravelle.co.id.

BACK
© Copyright 2022 - RAVELLE - Premium Kitchen Appliances & Cookwares | Website By Kibo Creative