Home
Company
Product
News
Contact
X
  MENU
MENU  
X
Home
Company
Product
News
Contact
30 June 2022
7 Jenis Pisau Dapur Terbaik untuk Menunjang Aktivitas Masak

Memasak dan beraktivita di dapur nggak akan sempurna kalau kamu belum punya peralatan dapur yang memadai. Bahkan, sebenarnya ada beberapa peralatan dapur yang wajib dimiliki agar kegiatan memasakmu di dapur terasa lebih mudah, menyenangkan, dan nyaman.

Aktivitas memasak memang memiliki segudang kenikmatan sendiri dalam menyalurkan hobi kamu. Selain membutuhkan keterampilan dalam hal memasak, kamu juga membutuhkan berbagai peralatan masak dasar, mulai dari peralatan seperti panci, wajan, talenan bahkan pisau dapur. Lalu, bagaimana dengan memotong berbagai bumbu? Tentu saja akan lebih mudah dengan peralatan dapur yang satu ini!

Tentu saja kamu sangat butuh peralatan dapur yang satu ini. Bisa bayangkan nggak dapur tanpa adanya satu set pisau yang memadai? Mau memotong daging pasti akan kesusahan. Memotong sayur pun bisa berantakan tanpa adanya pisau atau alat potong.  

Bagi kamu yang belum tahu, pisau juga memiliki banyak jenis untuk beragam keperluan, lho! Meskipun namanya pisau, yaitu sebagai alat pemotong, tapi ternyata pisau memiliki jenis dan kegunaan yang berbeda-beda,berikut penjelasannya.

 

1. Cleaver Knife

Nah, kalau pisau yang satu ini umum sekali dipakai oleh para penjual daging di pasar. Ya, namanya adalah pisau besar atau dalam bahasa asing disebut cleaver knife. Memiliki gagang yang kokoh, permukaan yang lebar, serta berat yang lumayan, pisau ini memang digunakan khusus untuk mencincang daging, memotong atau membelah tulang ayam, memotong sayuran, juga mememarkan bawang putih sebelum dicincang. 

2. Chef’s knife

Dikenal juga dengan pisau serbaguna karena fleksibel digunakan untuk melakukan beberapa hal dalam persiapan memasak, seperti mengupas bawang, mencincang bawang, mengiris tipis kentang, memotong wortel maupun ayam, dan lainnya. Jika koleksi pisaumu masih terbatas, minimal kamu harus memiliki jenis pisau serbaguna ini untuk kegiatan memasak di dapur.

3. Utility Knife

Selanjutnya ada utility knife yang memiliki desain hampir sama dengan pisau serbaguna, dengan ukuran yang sedikit lebih kecil. Fungsinya pun serupa dengan pisau serbaguna, yakni dipakai untuk memotong atau mengiris segala bahan masakan, mulai dari sayuran, buah, sampai daging. Pisau ini sering lho ditemukan di dapur-dapur rumah.

4. Paring Knife

Selanjutnya ada pisau ukir atau yang dalam bahasa asing disebut paring knife. Pisau ini memang tidak terlalu sering dipakai dalam kegiatan memasak, hanya sesekali dipakai untuk mengukir buah atau sayuran yang dipajang sebagai dekorasi atau hiasan akhir pada hidangan utama.

Bentuknya pun kecil dan melengkung, sehingga cukup fleksibel saat dipakai untuk membuat ukiran pada buah atau sayuran.Kalau suatu waktu kamu melihat buah atau sayur yang dibentuk ukiran yang sangat indah, sudah tidak perlu diragukan lagi, buah tersebut diukir dengan memakai paring knife!

5. Boning Knife

Mungkin kamu sudah sering melihat pisau yang satu ini di acara-acara memasak yang sering ditayangkan di layar televisi. Ya, pisau bernama fillet ini memang digunakan khusus untuk memisahkan daging (ayam atau ikan) dari tulangnya, membuat irisan daging yang sangat tipis, serta membuang urat dan lemak pada daging.

Pisau fillet ini memiliki desain yang lebih ramping dan lebih panjang dari pisau serbaguna.Selain itu, pisau yang sering disebut boning knife ini juga sengaja didesain melengkung agar para koki memiliki kontrol yang lebih baik ketika memotong berbagai macam jenis daging.

6. Vegetable Cleaver

Memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pisau daging, vegetable cleaver ini lazim digunakan para koki profesional dan berfungsi khusus untuk memotong sayuran. Lalu, apa yang membedakan pisau ini dengan pisau daging? Nah, pisau khusus sayuran ini memiliki mata pisau yang jauh lebih tajam dibandingkan dengan pisau daging.

7. Fluting Knife

Fluting knife merupakan pisau kecil khusus dengan ukuran panjang hanya sekitar 5 cm sampai 10 cm. Meski bentuknya kecil, pisau ini sangat membantu para koki dalam membuat hiasan pada sajian agar lebih terlihat menarik lho. Meski fungsinya sedikit sama dengan paring knife, pisau ini justru memiliki mata yang jauh lebih tajam.

8. Bread Knife

Pisau ini memiliki sisi yang bergerigi. Fungsinya untuk memotong roti agar hasilnya rapi dan tidak hancur. Pisau ini memiliki panjang 30 cm atau lebih jadi memudahkan kamu memotong roti bahkan yang ukurannya besar. Bukan hanya untuk roti, pisau ini juga bisa dimanfaatkan untuk memotong buah atau sayuran berkulit licin seperti tomat.

Itulah beberapa jenis pisau dapur yang bisa kamu pakai untuk memasak. Agar ketajaman pisau kamu terjaga, jangan lupa untuk membersihkan pisau tersebut setiap selesai menggunakannya. Pisau yang dibiarkan kotor terlalu lama dapat mengakibatkan mata pisau tersebut menjadi tumpul akibat kontak dengan bakteri. 

Setelah selesai mencuci, jangan lupa untuk langsung mengeringkan pisau tersebut dengan menggunakan lap yang bersih. Pastikan pisau benar-benar kering sempurna sebelum menyimpannya di rak penyimpanan.

BACK
© Copyright 2022 - RAVELLE - Premium Kitchen Appliances & Cookwares | Website By Kibo Creative