Home
Company
Product
News
Contact
X
  MENU
MENU  
X
Home
Company
Product
News
Contact
06 July 2022
Trik Membersihkan Wajan Agar Tidak Cepat Rusak dan Mudah Lengket

Trik membersihkan wajan, khususnya yang anti lengket memang tidak bisa sembarangan. Mencucinya harus dilakukan dengan hati-hati, karena wajan anti lengket punya lapisan khusus yang tidak boleh sampai terkelupas atau terkikis.

Jika cara membersihkannya tidak tepat, wajan tersebut malah menjadi sebaliknya, yakni lengket ketika digunakan untuk memasak.

Wajan anti lengket sendiri sudah umum digunakan untuk keperluan peralatan dapur sebab dinilai lebih irit minyak dan membersihkannya juga cukup mudah. Agar wajan anti lengket milikmu tidak cepat rusak, simak tips mencucinya berikut ini.

1. Jangan mencucinya dengan mesin

Mesin pencuci piring otomatis alias dishwasher memang sangat praktis dan memudahkan. Karena alat ini membantu mencuci piring tanpa harus menggunakan tangan. Namun, membersihkan wajan anti lengket dengan dishwasher bukanlah ide yang baik.

Sebab, suhu yang terlalu panas dalam mesin ini dapat mengikis lapisan anti lengket pada wajan secara perlahan. Mencucinya dengan cara manual tetap disarankan supaya lapisan anti lengket tetap tahan lama.

2. Cuci dengan air sabun

Trik membersihkan wajan anti lengket menggunakan sabun juga ada caranya loh. Yaitu bukan hanya menuang sabun begitu saja ke permukaan wajan. Cukup tuangkan sedikit sabun cuci piring ke dalam wadah khusus dan beri air. Kemudian usap perlahan menggunakan kain microfiber untuk membersihkan sisa noda seperti bumbu masakan atau minyak. Terakhir, tinggal bilas.

Jika terdapat kerak baru bekas masakan yang membandel, rendam dahulu sebentar dengan air sabun. Setelah beberapa jam, kerak bakal melunak dan lebih mudah dibersihkan tanpa menggosoknya dengan keras.

3. Pantang menggunakan spons kawat

Ibu-ibu pasti sering kan menggunakan spons kawat untuk membersihkan kerak pada wajan? Mulai sekarang jangan lagi ya.

Wajan anti lengket sebaiknya dibersihkan menggunakan spons busa lembut, kain microfiber atau kain skoy agar lapisan anti lengketnya tidak tergores atau terkelupas.

4. Bersihkan kerak membandel dengan baking soda

Mengandalkan sabun cuci piring dan spons busa saja memang kurang ampuh untuk membersihkan wajan berkerak. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa membuat racikannya sendiri. Bahan-bahannya yaitu air, minyak zaitun dan soda kue, ukurannya 1:1, kemudian oleskan ke bagian bernoda. Setelah itu tinggal bilas saja dengan air.

5. Cleaning cocktail

Cleaning cocktail termasuk aman untuk membersihkan wajan dengan lapisan anti lengket. Cara membuatnya juga mudah, tambahkan cuka dan segelas air ke dalam wajan, lalu panaskan di atas kompor sekitar 5-10 menit. Setelah itu, biarkan hingga air dingin. Terakhir, cuci wajan seperti biasa dengan air sabun untuk menghilangkan bau cuka.

6. Oil up

Selain membersihkannya dengan cara yang benar, lapisan anti lengket juga perlu dirawat agar tidak kering dan mengelupas.

Caranya, tuangkan sedikit minyak sayur ke atas permukaan wajan dan usap dengan tisu. Lalu bersihkan kembali hingga seluruh minyak terangkat.

7. Keringkan dengan tisu

Trik membersihkan wajan anti lengket selanjutnya yakni bisa menggunakan tisu. Khususnya setelah dipakai untuk memasak yang tak terlalu berbau atau bernoda.

Kamu bisa menyekanya dengan tisu hingga wajan bersih. Boleh juga menggunakan sedikit air dan pastikan dalam kondisi kering sebelum menyimpannya kembali.

Itulah beberapa tips mencuci wajan anti lengket yang sebaiknya kamu ketahui. Sayang kan kalau wajan di rumah rusak dan terkelupas karena menggunakan trik membersihkan wajan yang salah.

BACK
© Copyright 2022 - RAVELLE - Premium Kitchen Appliances & Cookwares | Website By Kibo Creative