Home
Company
Product
News
Contact
X
  MENU
MENU  
X
Home
Company
Product
News
Contact
25 November 2022
Manfaat dan Cara Menggunakan Rice Cooker Low Carbo untuk Pemula

Rice cooker kini sudah berkembang menjadi alat masak canggih. Bukan saja mempermudah proses memasak nasi, alat satu ini bahkan bisa mengurangi kandungan karbohidrat yang menjadikan salah satu makanan pokok orang Indonesia ini diklaim lebih sehat.

Manfaat Rice Cooker Low Carbo

Seperti namanya, rice cooker low carbo disebut bisa membuat nasi jadi lebih sehat. Cara kerjanya sendiri tidak berbeda jauh dengan rice cooker pada umumnya, yang membedakan hanya fitur yang dapat mengurangi kandungan gula dalam nasi.

Dengan begitu, kadar karbohidrat pada nasi bisa berkurang hingga 20% hanya dengan sekali tekan pada tombol di rice cooker. Mengurangi kandungan karbohidrat dalam nasi diklaim ampuh untuk membantu menjaga kesehatan. Termasuk bagi para pelaku diet yang ingin mengurangi berat badan.

Cara Menggunakan Rice Cooker Low Carbo

Alat penanak nasi ini sepertinya sudah menjadi perlengkapan masak yang wajib dimiliki. Apalagi, bagi orang Indonesia yang rasanya tidak puas kalau belum mengonsumsi nasi. Agar bisa digunakan secara optimal, berikut beberapa tips menggunakan rice cooker low carbo yang wajib kamu simak.

1. Jangan Mencuci Beras di Dalam Panci Rice Cooker

Banyak orang yang masih sering mencuci beras di dalam panci rice cooker. Meski panci tersebut tampak tebal, tetap saja dalam jangka panjang lapisan pelindungnya bisa rusak. Sebab, butiran beras yang keras bisa menggores lapisan anti lengketnya. Lebih baik, cuci beras lebih dahulu di wadah lain, kemudian pindahkan ke dalam panci rice cooker saat akan memasaknya.

2. Aduk Nasi dengan Sendok Kayu

Jangan gunakan centong berbahan metal saat mengambil nasi dari dalam rice cooker. Meski terlihat sepele, kebiasaan ini ternyata dapat menggores dan mengikis lapisan anti lengket panci rice cooker. Sebaiknya gunakan centong kayu atau sendok khusus nasi terbuat dari bahan plastik khusus.

3. Masak Sesuai Kapasitas

Biasakan menanak nasi sesuai dengan kapasitas rice cooker. Jangan memasaknya secara berlebihan karena nasi tidak akan matang merata atau bahkan meluber keluar rice cooker. Tapi, kamu juga tidak boleh menanak nasi terlalu sedikit dengan rice cooker. Karena itu, pilih rice cooker sesuai kebutuhanmu saat membeli.

4. Jangan Mencongkel Kerak Nasi

Kamu pasti sudah sering melihat sisa kerak nasi yang menempel pada bagian bawah panci rice cooker, bukan?

Karena teksturnya yang keras, tentu tidak enak dikonsumsi. Tapi, jangan buru-buru membersihkannya, apalagi mencongkel kerak nasi tersebut.

Untuk membersihkannya, kamu bisa merendam panci rice cooker dengan air hangat dan sedikit sabun selama 5-10 menit. Dengan begitu sisa nasi tersebut akan terlepas dengan sendirinya dari lapisan panci.

5. Pastikan Bagian Luar Panci Kering

Sebelum memasak nasi, pastikan dulu permukaan luar panci rice cooker dalam kondisi kering. Hal ini bisa merusak elemen pemanas dan membuat suhu rice cooker tidak stabil. Alhasil, nasi yang kamu masak juga tidak akan maksimal.

6. Cek Wadah Uap Air

Wadah penampung uap air seringkali luput dari perhatian, padahal bagian ini bisa menjadi sarang bakteri dan menyebabkan bau tidak sedap. Karena itulah, kamu harus memeriksa dan membersihkan tempat penampung uap air tersebut secara rutin dan berkala, terutama sebelum menanak nasi.

Caranya, gunakan sikat kecil agar bisa menjangkau bagian dalamnya. Lalu, bersihkan wadah tersebut dengan air mengalir agar kotoran yang menempel hilang.

Baca Lainnya: Rice Cooker Low Carbo, Alat Masak Modern untuk Jaga Berat Badan

Itulah manfaat dan cara menggunakan rice cooker low carbo untuk kamu yang baru memakai alat penanak nasi ini. Semoga informasi di atas bisa membantu ya!

BACK
© Copyright 2023 - RAVELLE - Premium Kitchen Appliances & Cookwares | Website By Kibo Creative